Ampuh,..!! Cara Meredakan Nyeri Haid dengan Manjur dan Efektif

Ampuh,..!! Cara Meredakan Nyeri Haid dengan Manjur dan Efektif - Sebelum atau saat datang bulan, sebagian wanita ada yang merasakan nyeri haid. Biasanya, rasa nyeri dan kram dapat terasa pada bagian perut bawah, punggung bawah dan paha. 

Selain sakit pada area tersebut, sebagian wanita juga mungkin bisa mengalami mual, muntah, diare atau sakit kepala. Jika Anda mengalami kondisi ini, tidak perlu khawatir. Ada cara menghilangkan nyeri haid yang bisa Anda terapkan di rumah.

Pada umumnya, nyeri haid bisa terjadi karena adanya kontraksi di dalam rahim. Jika kontraksinya terlalu kuat, pembuluh darah di sekitar rahim akan tertekan. Hal ini bisa memutus pasokan oksigen ke rahim. Kekurangan oksigen inilah yang bisa menimbulkan rasa nyeri dan kram.

Nyeri haid atau yang dikenal dengan istilah dismenore adalah keluhan yang banyak dialami perempuan saat haid. Nyeri haid terletak pada perut bagian bawah, ada yang ringan, namun ada juga yang terasa berat. Bagaimana carameredakan nyeri haid?

Nyeri haid ditandai dengan nyeri perut bagian bawah, paha bagian dalam terasa ditarik, dan sakit kepala. Meski bisa hilang tanpa diobati, namun ada juga yang gejalanya semakin parah jika dibiarkan.

Nyeri haid biasanya paling intens dirasakan pada hari pertama menstruasi dan mulai berkurang secara perlahan setelah 2-3 hari.

Sebagian besar wanita mungkin sudah mengetahui alasan dari munculnya periode menstruasi, tetapi apa yang menyebabkan nyeri haid saat periode menstruasi?

Penyebab nyeri haid

Selain nyeri haid, hormon prostaglandin dapat menyebabkan diare, sakit kepala, dan muntah-muntah saat periode menstruasi.

  • Berikut adalah beberapa faktor yang meningkatkan risiko nyeri haid pada wanita.
  • Berusia kurang dari 20 tahun
  • Mengalami pubertas lebih awal, misalnya di bawah usia 11 tahun
  • Mengalami perdarahan hebat saat menstruasi
  • Memiliki riwayat keluarga yang mengalami nyeri haid (dysmenorrhea)
  • Haid tidak teratur
  • Merokok
  • Memiliki kondisi medis tertentu, seperti endometriosis, fibroid rahim, atau penyakit radang panggul.

Jika nyeri haid yang dirasakan mengganggu aktivitas sehari-hari, bertambah parah, atau muncul saat Anda berusia 25 tahun ke atas, maka Anda perlu berkonsultasi dengan dokter.

Cara meredakan nyeri haid dengan pengobatan tradisional

Olahraga ringan

Anggapan olahraga perlu dihindari saat nyeri haid adalah tidak benar. Faktanya, olahraga disarankan untuk meringankan nyeri saat haid. Namun, sebaiknya pilih olahraga ringan, seperti yoga, berjalan santai, atau peregangan ringan, dan hindari olahraga berat. Olahraga akan membantu melepaskan endorfin yang merupakan hormon penghilang rasa sakit alami. 

Memijat

Cara meredakan nyeri haid lainnya adalah pijat. Dengan pijatan lembut di area perut, dapat merelaksasi otot-otot panggul dan mengurangi kram. Sebelum memijat, Anda bisa mengoleskan minyak pijat, minyak kelapa, atau body lotion, ke kulit agar lebih mudah.

Kompres hangat 

Anda bisa mengompres area perut atau punggung bawah dengan handuk hangat. Anda juga bisa mandi air hangat agar seluruh tubuh menjadi rileks.Kompres hangat. Anda bisa mengompres area perut atau punggung bawah dengan handuk hangat. Anda juga bisa mandi air hangat agar seluruh tubuh menjadi rileks.

Perbanyak minum air 

Cukupi kebutuhan cairan tubuhmu dengan minum air. Air hangat dapat membantu meredakan kram, yang bekerja untuk meningkatkan aliran darah di sekitar kulit serta melemaskan otot-otot yang kram. Jika bosan dengan air putih, Anda bisa mengonsumsi jenis-jenis makanan yang banyak mengandung air seperti timun, semangka, daun selada, seledri, atau beri-berian

Mengubah pola makan

Meredakan nyeri haid juga bisa dilakukan dari dalam, yaitu mengubah pola makan. Perbanyak konsumsi makanan kaya asam lemak omega-3, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan protein tanpa lemak, agar tubuh tetap sehat. 

Selain itu, Anda juga perlu memenuhi asupan cairan dengan minum air putih, teh herbal, atau kaldu dari sup, agar terhindar dari dehidrasi yang merupakan salah satu penyebab terjadinya kram otot. 

Anda juga perlu mengurangi asupan garam yang bisa memicu kembung dan retensi cairan, serta menghindari minuman atau makanan yang mengandung kafein, karena meningkatkan risiko dehidrasi.

Minum jamu kunyit

Kandungan alami dalam kunyit dapat membantu meringankan gejala-gejala sindrom pramenstruasi. Cara mudah untuk menikmati kunyit adalah dengan membuatnya sebagai minuman jamu.

Apabila ladies sudah melakukan tips-tips di atas, namun rasa nyeri, kram, dan perdarahan tidak kunjung reda. Maka pilihan selanjutnya adalah dengan mengonsumsi obat. Rasa nyeri yang tidak kunjung mereda, bisa diatasi dengan mengkonsumsi golongan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti Paracetamol, Ibuprofen, atau Naproxen.

Belum ada Komentar untuk "Ampuh,..!! Cara Meredakan Nyeri Haid dengan Manjur dan Efektif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel