Kredit Kendaraan Bermotor Lewat Mandiri Tunas Finance Sekarang Cuma Modal e-KTP Lho!

Kemunculan sistem Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik menuai banyak manfaat, tak terkecuali kredit kendaraan bermotor. Perekaman data yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil atau Dukcapil ini di dalamnya mencatat data diri termasuk NPWP bagi yang sudah memilikinya.

Akurasi data yang tinggi tersebut memudahkan masyarakat saat akan mengajukan kredit kendaraan bermotor. PT Mandiri Tunas Finance (MTF) sebagai perusahaan pembiayaan, ikut memanfaatkan keunggulan e-KTP untuk mempermudah layanan kredit kendaraan bagi calon nasabahnya.

MTF baru saja menjalin kerja sama dengan Dukcapil yang bertujuan untuk mengambil data diri calon nasabah. Dengan demikian, persyaratan dalam mengajukan kredit hanya butuh Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada e-KTP.

“Dengan kerja sama ini mempercepat layanan kami pada customer karena mendapatkan data-data ini semakin cepat. Sekarang data kependudukan diintegrasikan dengan NPWP. Kerja sama ini juga mengurangi tingkat risiko kesalahan,” ujar Arya Suprihadi selaku Direktur Utama MTF seperti dilansir dari laman Carmudi.

Kerjasama dengan Dukcapil

e-KTP
E-KTP

MTF menjalin kerja sama dengan Dukcapil dengan tujuan meningkatkan Standar Pelayanan Administrasi sehingga mempercepat proses layanan dan validasi informasi. Dukcapil dalam hal ini membuka akses kepada MTF untuk pemanfaatan data kependudukan.

Arya menyebut dengan adanya kerja sama ini membuka jalan menuju digital concept ecosystem di masa depan. Nantinya, beli kendaraan tidak lagi harus mengunjungi dealer tetapi juga melalui online yang disediakan oleh e-commerce.

Akses data kependudukan ini memudahkan pihak leasing untuk verifikasi data calon nasabah yang mengajukan kredit kendaraan bermotor via online. MTF juga mulai menjalin kerja sama dengan situs e-commerce sehingga mempermudah calon pembeli kendaraan bermotor yang butuh pembiayaan via kredit.

“Awalnya customer beli mobil ke dealer. Kita kerja sama ke dealer. Yang harus kita antisipasi itu customer yang beli via online,” tambahnya.

Akses Data e-KTP Hindari Kredit Macet

Kredit macet (Shutterstock).

Ada satu keuntungan yang didapat oleh MTF dengan terbukanya akses e-KTP oleh Dinas Dukcapil ini. Perusahaan pembiayaan bisa meminimalisir risiko kredit macet. Permasalahan ini kadang terjadi akibat para nasabah nakal yang mengajukan kredit kendaraan bermotor memakai data palsu.

“Kami juga dapat mencegah oknum yang menggunakan data palsu untuk mengambil fasilitas pembiayaan di MTF. Dengan meminimalisir hal ini, maka MTF juga dapat mencegah terjadinya kredit macet,” jelas Arya.

Kredit macet bisa juga diartikan kredit yang bermasalah, dalam ilmu keuangan dan akuntansi keuangan, adalah bagian dari piutang yang tidak dapat lagi ditagih, biasanya berupa piutang dagang atau pinjaman.

Kredit bermasalah dalam akuntansi dianggap sebagai biaya. Di dunia kartu kredit, kredit macet merupakan kredit bermasalah dimana pengguna kartu kredit tidak mampu membayar minimum pembayaran yang telah jatuh tempo lebih dari 3 bulan.

Sementara di perbankan, kredit macet lebih dikenal dengan nama Non-Performing Loan (NPL). Sangat penting bagi bank untuk selalu menjaga NPL mereka. Kenapa? Karena jika NPL rendah, maka bank tersebut terbilang sehat. Jika NPL tinggi maka resiko yang dipikul oleh bank tersebut tinggi. Jika NPL mereka diatas batas yang sudah diforecast sebelumnya maka bank tersebut bisa dibilang bermasalah.  

Nah, sekarang gak usah bingung-bingung lagi ya kalau mau kredit kendaraan. Cukup dengan e-KTP kamu udah bisa lho kredit kendaraan impian. (Editor: Winda Destiana Putri).

Belum ada Komentar untuk "Kredit Kendaraan Bermotor Lewat Mandiri Tunas Finance Sekarang Cuma Modal e-KTP Lho!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel