Lolos Tes Saat Lamar Kerja Dengan Mudah, Cek Contoh Lengkap Jenis Soal Tes Psikologi di Sini


Lolos Tes Saat Lamar Kerja Dengan Mudah, Cek Contoh Lengkap Jenis Soal Tes Psikologi di Sini - Tes psikotes atau mengerjakan soal tes psikologi merupakan salah satu tes yang paling familiar, ketika kamu melamar pekerjaan. Selain melakukan interview atau wawancara dengan HRD dan user, biasanya kamu juga akan menghadapi yang namanya tes psikotes. Di mana jenis soal tes psikologi tiap perusahaan bermacam-macam, sehingga kamu diharapkan bisa menyiapkan diri sebaik mungkin.

Pasalnya, tidak sedikit dari para pelamar yang gagal ketika menghadapi berbagai jenis soal tes psikologi yang diberikan HRD. Karena, mau setinggi apapun IPK kamu, jika saat mengerjakan soal tes psikologi tidak lulus, tetap saja kamu tidak akan dipilih oleh perusahaan tersebut, untuk menjadi calon karyawannya.

Terlebih, jika kamu memang sama sekali tidak pernah tahu contoh dan jenis soal tes psikologi yang kerap muncul ketika melamar pekerjaan. Karena, kuncinya adalah harus sering berlatih dan mengerti bagaimana cara mengerjakannya. Nah, mungkin bagi para calon pekerja, tips berikut ini bisa membantu kamu dalah mengerjakan berbagai jenis soal tes psikologi dari HRD.

Pastikan kondisi tubuh sehat dan istirahat yang cukup

Dalam mengerjakan soal-soal tes psikologi, diharapkan kamu memiliki kondisi fisik yang baik alias sehat. Karena, kamu diwajibkan untuk fokus dan konsentrasi tinggi. Pasalnya, jika kondisi fisikmu tidak baik, kamu akan sulit untuk fokus mengerjakan soal, di mana semua soal tes psikologi rata-rata harus menguras pikiran. Tidak lupa juga untuk beristirahat yang cukup, sebelum mengerjakan soal keesokan harinya.

Banyak latihan mengerjakan soal-soal tes psikologi dari internet

Jika kamu merupakan kandidat yang baru pertaman kali merasakan melamar pekerjaan dan menghadapi soal tes psikologi, kamu tak perlu khawatir ggal. Karena kamu bisa berlatih mengerjakan berbagai jenis soal psikologi yang ada di internet. Tidak hanya soalnya, kamu juga bisa mencari bagaimana cara mengerjakan soal-soal tersebut beserta contoh dan pembahasannya.
Dari pada bingung, yuk langsung saja simak, beberapa contoh jenis soal tes psikologi, yang kerap muncul di psikotes berikut ini:

1. Tes Logika Aritmatika 

Salah satu jenis soal tes psikologi yang kerap muncul adalah tes logika aritmatika. Tes ini terdiri atas deret angka yang harus kamu pahami polanya terlebih dahulu. Misalnya, apakah pola deret angka ini merupakan sebuah penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, presentase dan pecahan angka.

Untuk mengetahui contoh jenis soalnya, kamu bisa lihat contoh soal berikut ini:

Contoh 1
24 20 16 12  … … (setiap angka dikurang 4, maka lanjutan dari deret soal ini adalah 8 dan 4)

Contoh 2
45 15 18 6 9 3 … … (pola jawabannya: n:3 n+3 n:3 n+3, maka lanjutan dari deret soal ini adalah 6 dan 2)

Tidak hanya itu, kamu juga harus tetap fokus, karena kamu tidak boleh terpaku pada 3-4 angka didepannya saja. Karena, terkadang kamu harus melihat deret secara keseluruhan, karena pola bisa berupa urutan, pengelompokan berurutan, maupun pengelompokan loncat.

Selain itu, jika kamu ragu dengan soal yang sedang kamu kerjakan, jangan memaksa untuk memecahkannya. Karena kamu bisa fokus ke soal lainnya yang menurutmu lebih mudah dikerjakan lebih dulu. Hal ini dilakukan agar kamu tidak kehabisan waktu.

2. Tes Logika Penalaran

Jenis soal tes psikologi selanjutnya adalah tes logika penalaran. Tes penalaran logis atau juga sering disebut tes penalaran kritis ini memang dirancang untuk menilai kemampuan seseorang dalam keterampilan. Seperti melihat bagaimana menafsirkan pola, urutan bilangan atau hubungan antar bentuk, bisa juga kata.

Untuk logika kata, biasanya akan muncul bebrapa tafsiran, seperti logikanya jika 'semua' adalah 'tidak satu pun', 'sementara' dan 'beberapa' atau 'tidak semua'.

Jika masih bingung, kamu bisa lihat contoh soal berikut ini:

Semua anak bergembira jika bermain di taman. Hari ini semua anak bermain di taman.

A. Hari ini ada anak yang tidak bergembira
B. Hari ini tidak ada anak yang tidak bergembira
C. Hari ini anak-anak tidak bergembira
D. Hari ini tidak semua anak bergembira
E. Hari ini semua anak tidak bergembira

Jawaban dan Pembahasan
Jawaban: B
Karena semua anak bergembira jika bermain di taman dan hari ini semua anak bermain di taman maka hari ini semua anak bergembira atau tidak ada anak yang tidak bergembira.

3. Tes Menggambar

Untuk jenis soal tes psikologi berikutnya yang kerap muncul dalam psikotes adalah soal tes menggambar. Objek yang Digambar biasanya hanya dua yaitu pohon dan manusia. Untuk pohon, biasanya diperintahkan menggambar pohon yang berkayu atau berbatang keras.

Tidak hanya itu, untuk pengecualian gambar pohon, biasanya kamu tidak diperkenankan untuk menggambar pohon kelapa. Sedangkan pengecualian menggambar manusia, kamu juga tidak diperkenankan untuk menggambar karakter kartun.

Tidak asal menggambar saja, karena dalam tes ini perusahaan ingin mengetahui kepribadian seseorang. Nah, karena hasil gambar setiap orang berbeda-beda dan khas, sehingga dalam tes ini sangat sulit untuk memanipulasi. Maka dari itu, jika kamu ingin berhasil, gambarlah sesuai dengan kemampuanmu dan sejujur mungkin. Karena dalam tes ini tisak dinilai bagus atau tidaknya gambar.

Untuk jenis soal tes psikologi selanjutnya ada Tes Kraplien atau pauli, Tes Intelegensi Umum, Tes Kemampuan Dasar, Tes Army Alpha, Tes Wartegg, hingga Tes Analog Verbal. Di mana setiap detail informasi dari jenis tes soal psikologi tersebut, bisa kamu lihat di link berikut ini, lengkap dengan contoh soal dan pembahasannya: https://www.cekaja.com/info/soal-test-psikologi-hrd/

Belum ada Komentar untuk "Lolos Tes Saat Lamar Kerja Dengan Mudah, Cek Contoh Lengkap Jenis Soal Tes Psikologi di Sini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel