Selain Hong Kong, Tempat-tempat Ini Pernah Bikin Heboh Akibat Hujan Uang

Gara-gara bikin heboh dengan menciptakan hujan uang, seorang pria di Hong Kong ditangkap polisi. Peristiwa yang terjadi pada 15 Desember 2018 lalu tersebut sempat viral di media sosial.

Gimana gak bikin heboh? Uang yang ditebar besaran nilainya gak main-main, yaitu sebesar 100 dolar Hong Kong atau sekitar Rp 180 ribuan.

Polisi yang menerima laporan adanya hujan uang di Sham Shui Po, suatu area di Hong Kong, langsung menuju lokasi dan mengamankan pria yang menebar dolar Hong Kong tersebut. Usut punya usut, pria pencipta hujan uang tersebut bernama Wong Ching-kit.

Selain mengamankan Wong Ching-kit, polisi Hong Kong juga mengamankan uang sebanyak 5.000 dolar Hong Kong atau sekitar Rp 9 jutaan.

Ada dugaan Wong Ching-kit sengaja menciptakan hujan uang ini buat mempromosikan bisnis kriptokurensinya, Epoch Cryptocurrency. Namun, Wong Ching-kit membantah tuduhan tersebut.

Menariknya, hujan uang ini gak cuma terjadi di Hong Kong lho. Hujan uang sebelumnya pernah terjadi dan bikin gempar di beberapa tempat. Malahan, peristiwa ini tercatat juga pernah terjadi di Indonesia. Seperti apa ceritanya? Disimak yuk.

Baca Juga: Mewahnya Pernikahan Putra Bos Gudang Garam, Ini Fakta Adeline Sutrisno Sang Istri

1. Hujan uang di Jakarta

Hujan uang di Jakarta. (Youtube)
Hujan uang di Jakarta. (Youtube)

Bulan Februari lalu, warga ibu kota dikejutkan dengan terjadinya hujan uang di kawasan Kuningan, Jakarta. Uang ditebar oleh dua orang di atas crane. Nominal uang yang disebar mulai dari Rp 2 ribu, Rp 5 ribu, dan Rp 10 ribu.

Orang-orang yang melintas di Jalan H.R. Rasuna Said menghentikan kendaraan mereka begitu melihat hujan uang yang terjadi di hadapan mereka. Sontak aja mereka berlarian dan memunguti uang-uang yang berserakan di jalanan.

Setelah ditelusuri, ternyata hujan uang ini diprakarsai aplikasi yang bernama 17Q. Aplikasi ini adalah aplikasi kuis live game show atau kuis trivia di Indonesia. Kabarnya nih hujan uang ini dibikin sebagai cara mereka untuk mempromosikan aplikasi mereka.

Sayangnya, acara hujan uang ini dihentikan polisi. Sebab acara ini dianggap berpotensi bikin macet arus lalu lintas di sepanjang jalan H.R. Rasuna Said.

Baca Juga: Seharga Rp 8,5 Miliar, Ini Penampakan Mobil Baru yang Mau Dibeli Raffi Ahmad

2. Hujan uang senilai Rp 100 juta pernah terjadi di Banten

Hujan uang di Banten. (Youtube)
Hujan uang di Banten. (Youtube)

Motivator kondang Tung Desem Waringin pernah bikin heboh dengan pertunjukan hujan uang yang ia ciptakan pada tahun 2008. Tung Desem diberitakan menghambur-hamburkan lembaran uang kertas dari atas pesawat kecil di Serang, Banten.

Jumlah uang yang dibagikannya tersebut gak tanggung-tanggung, yaitu mencapai Rp 100 juta. Rupanya Tung Desem menyebar uangnya tersebut dengan tujuan mempromosikan buku yang berjudul “Marketing Revolution”.

Tung Desem mengaku ide hujan uang ini lahir karena dirinya terinspirasi promosi yang dilakukan Richard Branson. Menurutnya, bos Virgin America tersebut selalu sukses mengundang perhatian banyak orang lewat promosi yang dilakukannya.

3. Hujan uang di Bekasi

Hujan uang di Bekasi. (Youtube)
Hujan uang di Bekasi. (Youtube)

Pada 29 Juni 2016, Bekasi pernah ramai jadi pemberitaan karena terjadinya hujan uang di kota tersebut. Orang-orang yang berada di Jalan Raya Sultan Agung, Medan Satria dibikin tercengang dengan uang Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu yang melayang-layang di depan mereka.

Lembaran uang yang berjatuhan di badan jalan dan trotoar tersebut lantas jadi rebutan banyak orang. Seorang saksi mata yang kebetulan berada di lokasi kejadian memperkirakan uang yang disebar dari mobil tersebut jumlah Rp 2 juta – Rp 3 juta.

Gara-gara kejadian hujan uang ini, kemacetan sepanjang 300 meter terjadi di Jalan Raya Sultan Agung.

4. Kota di negara kaya minyak pernah dilanda hujan uang

Hujan uang di Jumeirah. (Youtube)
Hujan uang di Jumeirah. (Youtube)

Sebagai ibu kota dari negara kaya minyak, pastinya Dubai berisikan banyak orang kaya. Saking kayanya nih, pernah ada lho peristiwa terjadinya hujan uang di sana.

Seperti yang terjadi pada tahun 2015 yang lalu, arus lalu di Jalan Jumeirah mendadak macet gara-gara lembaran-lembaran uang yang berjatuhan dari langit. Lembaran 500 Dirham atau senilai Rp 1,9 jutaan berterbangan dan menarik perhatian banyak orang.

Sopir taksi yang melihat kejadian langsung keluar dari mobil dan merebut uang Dirham yang melayang-layang di atas mereka. Ada dugaan uang tersebut sengaja ditebar salah satu orang kaya Kota Dubai dari apartemennya.

Itu tadi lima kejadian hujan uang yang pernah bikin heboh dan jadi viral di dunia maya. Ada-ada aja ya motif mereka yang bikin fenomena ini. Mulai dari tujuan promosi hingga sekadar iseng.

Kalau dipikir-pikir, lumayan untung juga sih kalau dapat banyak uang dari fenomena langka ini. Hitung-hitung bisa nambah dana buat investasi, setuju? (Editor: Ruben Setiawan)

Belum ada Komentar untuk "Selain Hong Kong, Tempat-tempat Ini Pernah Bikin Heboh Akibat Hujan Uang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel