Tanda Kartu Kredit Kamu Sudah Aman, Salah Satunya Dilengkapi Chip

Kartu kredit merupakan alat pembayaran pengganti uang tunai yang saat ini marak digunakan oleh orang-orang.

Dengan sekali gesek, kamu sudah bisa membawa pulang barang impian, meski di akhir bulan tagihan belanjaanmu itu bakalan keluar.

Tetapi gak sedikit orang yang masih menggunakan kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka kok.

Apalagi saat ini pengajuannya semakin mudah, tidak bertele-tele seperti dulu. Itu membuat banyak orang memiliki kartu ini.

Tetapi, sebagian besar orang masih bertanya-tanya, apakah kartu kredit miliknya tersebut aman digunakan. Juga apakah aman melakukan transaksi online menggunakan kartu itu, bagaimana data pengguna terjaga dengan baik?

Hal-hal itu seringkali berseliweran di dalam benakmu bukan? Apakah ada jaminan akan terhindar dari oknum yang tidak bertanggung jawab, apalagi saat ini marak pemberitaan tentang penipuan kartu kredit.

Nah biar gak semakin pusing atau bingung, ini tandanya kalau kartu kreditmu aman dan sudah terjamin. Apa aja, simak yuk.

Baca juga: Bekerja di Kantor Baru? Jangan Sampai Terjebak Sifat Buruk Ini

Sudah dilengkapi dengan chip

Kartu kredit dilengkapi dengan chip (Shutterstock).

Keamanan kartu biasanya sudah berlapis-lapis, seperti adanya kode CVV, verifikasi dengan tanda tangan, dan selalu konfirmasi kepada pemilik sebelum melakukan transaksi. Sehingga kelemahannya sulit untuk ditembus.

Tetapi bukan berarti kamu bisa tenang, karena kecurangan lainnya seringkali terjadi seperti kloning. Kloning merupakan metode yang dipakai pencuri. Nah untuk mengatasi hal ini terjadi, sekarang kartu kredit sudah wajib dilengkapi dengan chip.

Chip ini yang bertugas sebagai pengaman ekstra kartu kredit milikmu. Kartu kredit yang memiliki chip dengan kode unik menggantikan pita magnetik di belakang kartu yang selama ini dijadikan sasaran oleh pencuri data. Jadi, lebih baik kamu gunakan PIN untuk melakukan transaksi setiap bulannya.

Baca juga: Skor Kredit Bisa Ditingkatkan dengan 5 Cara Mudah Ini

Maksimalkan keamanan kartu kredit

Tarik tunai dari kartu kredit.

Sekalipun sudah memiliki chip di dalamnya sebagai pengaman, ada baiknya kamu tetap melakukan hal-hal lain sebagai pengaman. Adapun hal tersebut adalah:

  1. Simpan kartu di tempat yang aman
  2. Tanda tangani kartu kamu
  3. Hindari penggunaan tanggal ulang tahun sebagai PIN
  4. Daftar layanan SMS ke bank terkait agar segala transaksi tercatat dengan baik
  5. Segera hubungi bank penerbit kartu kredit jika kamu kehilangan

Baca juga: Cegah Kesulitan Finansial Saat Menyambut Kelahiran Bayi, Orang Tua Wajib Baca Ini

Besar kemungkinan pengguna kartu kredit mengalami penipuan itu besar. Tetapi jika sudah melakukan hal diatas, kamu bisa meminimalisir kemungkinan buruk tersebut terjadi. Semoga informasi ini dapat membantu ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Belum ada Komentar untuk "Tanda Kartu Kredit Kamu Sudah Aman, Salah Satunya Dilengkapi Chip"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel