Beberapa Tahap Penyambungan Pipa Menggunakan Lem!

 

Beberapa Tahap Penyambungan Pipa Menggunakan Lem! - Selain metode pengelasan, pipa saluran air pun kerap disambungkan dengan lem, salah satunya lem pipa Ruglue. Lem Ruglue sendiri merupakan salah satu jenis lem yang dikembangkan khusus oleh para ahli khusus untuk daerah beriklim tropis. Lem satu ini terbuat dari formula dan teknologi mutakhir sehingga mampu merekatkan pipa dengan sangat baik. Lem ini pun bisa digunakan untuk menyambungkan pipa rumah tangga maupun pipa untuk proyek-proyek besar.



Nah, bicara mengenai lem pipa, maka jika ingin menggunakan lem sebagai penyambung pipa, maka ada beberapa tahap penyambungan yang wajib untuk dilakukan, di antaranya adalah:

1. Tahap memotong pipa.

Pertama, potonglah terlebih dahulu pipa yang akan disambungkan dengan memakai gergaji khusus untuk pipa. Baiknya sebelum melakukan pemotongan dengan gergaji tersebut, maka tajamkanlah gergajinya agar nanti tidak mengganggu proses pemotongan pipa.

2. Tahap amplas.

Setelah memotong pipa, maka selanjutnya yang dilakukan adalah menghaluskan bagian ujung pipa yang sudah dipotong menggunakan kertas amplas. Cara melakukannya mudah, cukup menggulung kertas amplas, masukkan pada pipa, dan biarkan sedikit kertas yang menonjol baru kemudian pipa dihaluskan dengan kertas tersebut. Atau, bisa pula mengamplasnya dari luar pipa tanpa memasukkan ke dalamnya. Pastikan, bagian luar maupun dalam pipa diamplas dengan baik.

3. Tahap fitting.

Jika sudah mengamplas lem, tahap berikutnya adalah menyambungkan pipa tanpa memakai lem. Pastikan, pada tahap ini kamu memberi tanda pada pipa pada antar sambungan pipa dengan spidol. Tujuannya, agar lebih memudahkanmu dalam menentukan posisi sambungan.

4. Tahap mengelap pipa.

Kemudian, lap pipa menggunakan kain lap kering agar sisa kotoran tidak menempel pada pipa. Jangan sampai membiarkan kotoran karena kotoran tersebut dapat mengganggu penempelan pipa, terlebih jika menggunakan lem pipa.

5. Tahap pengeleman.

Apabila sudah dibersihkan, maka langsung lem ujung pipa menggunakan lem pipa. Caranya, dengan mengolesi lem pada bagian luar maupun dalam pipa yang hendak disambungkan. Lalu, sambungkan pipa yang sudah dilem tersebut dengan pipa lainnya dan jangan sampai lupa menekan kedua sisinya. Lakukan pengeleman ini dengan cepat supaya lem tidak mengering.

Demikian penjelasan mengenai tahap-tahapan dalam menyambungkan pipa menggunakan lem pipa RuGlue yang merupakan bagian dari produk-produk dari Rucika. Selamat mencoba!

Belum ada Komentar untuk "Beberapa Tahap Penyambungan Pipa Menggunakan Lem!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel