Tanya Dokter Anak: Tips Memilih Dokter Anak yang Terbaik


Tanya Dokter Anak: Tips Memilih Dokter Anak yang Terbaik - Sebagai ibu, tentu anak merupakan anugerah terbesar yang akan terus dijaga hingga dewasa. Dokter anak berperan untuk memperhatikan tumbuh kembang anak membantu ibu melakukan parenting. Dokter juga dapat membantu ibu memahami cara mengembangkan niat dan passion anak kedepannya. 



Selain itu, tubuh anak tentu tidak seperti orang dewasa yang masih mudah mengalami berbagai penyakit dari bakteri ringan sehingga dengan tanya dokter anak maka akan memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi.

Berikut adalah tips memilih dokter anak diantaranya:

  • Minta saran atau pendapat dari orang sekitar untuk dokter anak yang dapat mengarahkan kebutuhan dan tanyakan kelebihan dan kekurangannya, dapat juga dilihat dari segi gaya parenting untuk menemukan dokter spesialis anak dan idealnya perlu dokter sejak anak berusia 3 bulan setelah lahir.
  • Ketika membuat daftar pilihan dokter maka seleksi beberapa pilihan maka lakukan wawancara singkat dan temukan dokter yang sepemikiran, tanyakan kesediaan dokter bila dihubungi untuk berkonsultasi lewat telepon maupun pesan singkat, lalu diskusikan beberapa masalah ASI, imunisasi maupun vaksin dan perhatikan penjelasan yang diberikan.
  • Perhatikan lokasi dari praktek dokter dan berada dalam jangkauan yang mudah, perhatikan waktu dokter praktek dan relasinya dengan dokter lain jika dokter berhalangan hadir untuk berkonsultasi dengan pasiennya.
  • Kunjungi rumah sakit, perhatikan prosedur, jumlah pasien yang ditangani dan bagaimana pelayanan staf rumah sakit dalam membantu penanganan anak.
  • Perhatikan biaya administrasi maupun biaya konsultasi dari dokter anak spesialis sehingga dapat dimasukkan dalam anggaran dokter.
Kebutuhan akan dokter anak tentu dikarenakan tubuh anak masih rentan terhadap penyakit. Penyakit paling umum terjadi adalah diare disebabkan oleh gangguan pencernaan, alergi makanan dan infeksi. Diare perlu ditangani secara khusus karena jika tidak akan membuat anak kehabisan energi, sebaiknya berikan minuman dengan campuran garam dan gula dan bawa anak menuju dokter.

Demam juga banyak dialami oleh anak-anak sebagai gejala dari adanya infeksi bakteri pada tubuh maupun pilek. Walaupun penyakit sederhana namun akan berbahaya jika demam terlalu tinggi yang menyebabkan tubuh menjadi kejang sehingga lakukan penanganan jika demam sudah melebihi dari 3 hari. Pilek yang disebabkan oleh virus karena demam dan hidung tersumbat, hal ini juga akan membuat suhu tubuh tinggi sebagai tanda dari pneumonia. 

Masalah perut juga cukup umum dialami karena berhubungan dengan kebiasaan makanan anak yang tidak sehat dan menyebarkan bakteri dalam tubuh yang sehat. Begitu juga dengan kondisi kulit ruam merah karena adanya alergi pada kulit dan biasanya anak mudah menggaruk bagian tersebut.

Berikut adalah aturan makanan untuk anak diantaranya:

  • Makanan sumber karbohidrat sebagai energi utama pada otak untuk mendukung proses metabolisme dan diubah menjadi glukosa selanjutnya akan membuat energi ke seluruh tubuh.
  • Makanan serat yang melancarkan sistem pencernaan, mencegah penyakit jantung dan membantu berat badan ideal.
  • Makanan berprotein untuk membangun tubuh dan mengganti jaringan rusak, terdiri atas protein nabati dan hewani.
Tanya dokter anak menjelaskan bahwa susu adalah makanan yang penting untuk anak karena baik untuk kesehatan tulang. Untuk cemilan anak, disarankan mengonsumsi apel dengan vitamin C dan memiliki 90 kalori yang baik jika dikonsumsi dengan apel segar tanpa dikupas. Yogurt merupakan makanan dengan kandungan kalsium untuk membantu probiotik pada tubuh dan selai kacang akan membantu lemak baik, sebaiknya memilih selai tanpa gula atau memilih selai rendah gula.

Belum ada Komentar untuk "Tanya Dokter Anak: Tips Memilih Dokter Anak yang Terbaik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel