Mengapa Perawatan Genset Perlu Dilakukan Secara Berkala?

Mengapa Perawatan Genset Perlu Dilakukan Secara Berkala? - Mesin yang pertama kali ditemukan pada tahun 1831 ini saat ini sudah mendapat tempat khusus terutama bagi sektor industri. Genset yang saat ini sudah menjadi benda yang wajib untuk dimiliki oleh para pelaku usaha bisa didapatkan dengan mudah kapanpun dan dimanapun dengan harga dan jenis yang bervariasi. 



Karena biasanya genset hanya digunakan pada saat listrik sedang padam, maka agar bisa awet dan tahan lama perlu dilakukan perawatan secara khusus dan rutin. 

Perawatan genset yang dilakukan secara berkala akan menjaga kualitas dari genset agar tetap prima, awet, dan tahan lama. Adapun beberapa cara dalam merawat genset secara berkala adalah sebagai berikut : 

1. Selalu menjaga kebersihan genset dengan cara membersihkan kotoran-kotoran yang ada di luar maupun di dalam mesin seperti debu, minyak, serangga, dan lain-lain. 

2. Mengganti spare part genset yang sudah usang, spare part yang perlu diganti secara rutin seperti oli, filter oli, filter udara, fuel filter, radiator, dan spare part lain. 

3. Memastikan genset mendapatkan sirkulasi udara yang baik, pastikan untuk meletakka geset di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik karena genset akan menghasilkan gas pembuangan yang jika berada dalam sirkulasi yang buruk akan membahayakan kesehatan manusia. 

4. Pastikan tangki bahan bakar genset tidak pernah kering, tangki genset yang sudah kering akan mengakibatkan genset sulit dinyalakan. 

5. Panaskan mesin secara rutin, nyalakan mesin genset setidaknya selama dua minggu sekali selama 5-10 menit agar sistem pelumasan oli dapat berjalan dengan baik dan genset siap digunakan kapanpun. 

6. Pastikan penggunaan genset sudah benar, penggunaan mesin genset yang menyalahi aturan akan menyebabkan kerusakan pada mesin genset. Oleh karena itu sebaiknya bacalah terlebih dahulu buku petunjuk penggunaan genset agar dapat berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya. 

Jika dirasa perawatan genset diatas tergolong sulit dan rumit, maka anda bisa menggunakan jasa rental genset untuk memudahkan kegiatan anda. Terlebih lagi jika anda membutuhkan genset untuk keperluan industri. 

Dengan menggunakan jasa sewa genset anda tidak perlu pusing-pusing memikirkan perawatan genset yang rumit, selain itu ada beberapa perawatan yang tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang seperti Test Load Genset Berkala yang hanya bisa dilakukan oleh seseorang yang sudah ahli. 

Jika anda berminat menggunakan jasa rental genset, silahkan hubungi Sewatama untuk mendapatkan genset dengan kualitas terbaik dan fasilitas pendukung lain yang akan memudahkan anda. 



Belum ada Komentar untuk "Mengapa Perawatan Genset Perlu Dilakukan Secara Berkala? "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel